Domain yang berperan untuk alamat. Karena itulah tidak ada website yang memiliki alamat yang sama. Jadi saat anda akan membeli sebuah alamat tertentu, anda harus mengecek apakah alamat tersebut masih tersedia.

Lalu ada beberapa hal lain yang harus dipertimbangkan untuk membeli domain :

1.Pemilihan nama situs

Selain untuk tidak memilih nama yang hampir menyerupai nama perusahaan besar, anda juga wajib memilih nama situs yang menggambarkan website anda atau unik. Nama website akan menjadi brand anda, hanya dengan memilih nama yang tepat maka akan memaksimalkan jumlah pengunjung dan lebih menaikkan traffic. Misalnya anda memiliki website e-commerce dengan nama brand yaitu “klikdulu”. Maka alamat yang bisa dibuat yaitu klikdulu.com. Jika nama “klikdulu” ditambah domain .com sudah digunakan oleh orang lain anda bisa memilih domain yang lain contoh seperti .net ataupun juga .co.id. Intinya harus membuat nama yang tidak aneh dan harus berkaitan dengan website anda.

2.Menentukan nama domain

Arti dari domain yang memberikan kita pemahaman bahwa semakin terkenal nama domain maka akan mudah diingat.Selain untuk mempertimbangkan adanya domain, pertimbangkan kepopulerannya. Jika bisa, pilih nama domain website yang populer digunakan seperti .com, .co.id, .net, .id, dan lain-lain. Domain akan populer jika menambah tingkat kepercayaan pada website. Coba bandingkan alamat situs belidulu.com dan belidulu.store. Keduanya memiliki nama domain yang bagus dan belidulu.store malah lebih cocok untuk toko online tapi orang pasti akan lebih memilih situs belanja.com.

3.Nama yang cocok

Untuk nama situs dan domain yang panjang akan berkesan kurang menarik, bukan?. Karena itu lebih baik cari nama yang lebih simple, dan akan mudah diingat, lalu lebih mewakili isi pada situs anda. Sekarang bandingkan untuk nama jpopzone.com dengan nama pecintalagujepang.com. Bandingkan mana yang lebih cocok? yang simpel dan jelas pastinya kan? Jika nama situs anda lebih singkat dan jelas sudah tidak ada, anda bisa variasi di bagian domain nya dan mengubahnya menjadi .net atau .web.id. Jika tidak ada juga anda dapat merubah nama situs, yang pasti bisa dihindari menggunakan nama website yang kurang terkenal. Sebenarnya untuk harga pada domain yang kurang terkenal akan lebih mahal dan lebih unik tapi tidak semua pengguna internet memahaminya jadi untuk lebih aman pilih yang lebih populer.

4.Mengecek nama situs

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu mengecek domain yang anda inginkan. Pastikan dalam memilih nama domain yang masih tersedia. Untuk mengeceknya bisa anda ketahui saat anda ingin membelinya. Jika tidak tersedia domain tersebut, maka akan ada keterangan dan menyatakan bahwa domain tersebut tidak tersedia. Jadi untuk membeli domain terlebih dahhulu siapkan nama untuk cadangan misalnya nama yang anda pilih sudah terdaftar.Lalu anda juga harus waspada saat ingin memilih nama situs. Jangan sampai nanti nama yang anda pilih memiliki nama domain yang serupa dengan perusahaan besar karena permasalahannya akan menjadi lebih rumit dan panjang. Pilihlah nama yang wajar dan menggambarkan nama brand anda.

5.Memilih nama domain terpercaya

Pilih tempat penyedia domain terpercaya karena tidak semua perusahaan yang resmi sudah terdaftar di ICANN. ICANN adalah Internet Corporation for Assigned Names and Numbers yaitu organisasi yang mengelola untuk nama domain. Jadi lebih baik pilih provider yang terdaftar agar tidak akan terdapat kendala nantinya.

6.Melihat riwayat domain

Ada beberapa domain yang sudah pernah terdaftar dan lalu diblokir karena sudah melanggar hukum atau dihapus oleh pemilik karena suatu alasan. Domain yang seperti itu jika diaktifkan maka akan dipanggil dengan nama domain zombie. Dan saat anda memilih pastikan lagi nama domain sebelumnya belum terdaftar. Jika sudah terdaftar maka pastikan sejarahnya baik sehingga tidak akan mempengaruhi website anda.

Demikian Tips dari kami sebelum anda membeli domain ,bila ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar.

Jasa Pembuatan Website Kota Banjar

Open chat