Setelah kita mengetahui apa itu penjelasan domain ,maka saatnya kita mempelajari tentang tipe nama pada domain yang didasarkan pada beberapa level tertentu mencakup yaitu :

1.Top Level Domain (TLD)

TLD yaitu nama domain yang paling sering digunakan dan kategori top level. TLD juga termasuk umum dan mudah diingat dan banyak sekali digunakan. Banyak website yang menggunakannya antara lain yaitu .com, .net, .org, .edu. Domain tersebut juga tidak menunjukan untuk organisasi tertentu jadi bisa digunakan oleh situs pribadi.

2.Country Code Top Level Domain (ccTLD)

Lalu selanjutnya adalah ccTLD. Seperti namanya, domain ini menampilkan kode dari negara tertentu. Penggunaan ccTLD akan mendapatkan bahwa situs yang dituju telah dimiliki oleh negara negara atau bisa juga sengaja, untuk menargetkan pengunjung dari negara yang kode negara domainnya dipakai. Contoh pada ccTLD yaitu .id untuk Indonesia, .us untuk United States .jp untuk Jepang, dan banyak kode lainnya untuk type ini.

3.Generic Top Level Domain (gTLD)

gTLD pada awalnya adalah nama domain yang khusus untuk oraganisasi atau suatu bidang. Akan tetapi kini sudah tidak lagi,karena banyak situs biasa yang mempunyai tipe gTLD. Contoh pada gTLD yaitu .edu untuk domain pendidikan, .mil untuk domain militer, .gov untuk domain pemerintahan, dan .org untuk domain organisasi tertentu, dan .net untuk domain penyedia layanan intenet.

4.Second Level Domain (SLD)

Dalam artikel sebelumnya kita sudah menjelaskan bahwa domain untuk alamat yang memudahkan pengunjung situs. Second level domain menggambarkan alamat agar rinci dan khusus. Contoh untuk tipe SLD yaitu .co.id, .ac.us, .co.uk, dan masih banyak lagi contoh lain. Untuk menggunakan SLD dan menunjukkan tempat yang lebih khusus lagi dari situs yang akan dikunjungi.

5.Subdomain

Tipe yang terakhir ini adalah domain tambahan untuk digunakan pada situs-situs besar. Adanya subdomain ini akan menjadi tanda bahwa situs ini memiliki divisi atau suatu cabang . Jadi situs dengan sub boleh dikatakan sebagai satu kepemilikan.
Subdomain cocok untuk digunakan situs-situs besar yang akan membutuhkan halaman lain yang akan spesifik. Contohnya yaitu support.google.com, developers.facebook.com, blogger.com, wordpress.com. Nama situs yang diikuti .blogger.com atau .wordpress.com akan menandakan bahwa situs itu masih di bawah kepemilikan wordpress ataupun blogger.

Demikian penjelasan  mengenai tipe-tipe nama domain ,bila ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar.

Jasa Pembuatan Website Kota Banjar

Open chat