Teknologi penyimpanan data yang memiliki basis pada sistem Cloud adalah sebuah teknologi yang akan membuat server atau internet pusat sebagai cara agar mengelola data ke aplikasi pengguna. Teknologi ini akan mengizinkan pengguna untuk menjalankan program melewati proses instalasi dan akan mengizinkan pengguna mengakses data pribadi mereka dengan komputer dan akses internet.

Cloud akan bekerja untuk penggunaan suatu internet dan server untuk mengolah data. Dan sistem ini akan memungkinkan suatu pengguna agar login ke internet yang telah tersambung langsung ke program dan akan menjalankan aplikasi yang sudah dibutuhkan untuk melakukan instalasi.Sebagai infrastruktur dalam media penyimpanan data dan juga instruksi ataupun perintah melalui pengguna akan disimpan melalu virtual jaringan internet dan kemudian untuk perintah tersebut akan ditujukan ke server aplikasi.Dan setelah perintah dalam server aplikasi dan kemudian data akan diproses untuk proses pada final pengguna dan disajikan kepada halaman yang sudah di update pada instruksi yang akan diterima sehingga pengguna bisa langsung merasakan manfaat.

Contohnya untuk melewati penggunaan pada email seperti Gmail. Data pada beberapa server akan di relasikan langsung dengan proses global tanpa memerlukan untuk download software untuk penggunaannya.Dan pengguna hanya akan memerlukan koneksi internet juga semua data langsung dikelola oleh pemilik. Software untuk memori sebagai data pengguna akan berada pada komputer tapi integrasi secara langsung melewati proses Cloud yang menggunakan komputer akan terhubung pada internet.

Setelah pengertian singkat diatas tentunya untuk menggunakan teknologi berbasis cloud akan lebih memudahkan pengguna selain ada pada hal efisiensi data, lalu penghematan biaya. Berikut manfaat yang kita dapat jika menggunakan teknologi berbasis sistem cloud.

1.Kumpulan Data yang tersimpan bersamaan

Keunggulan akan teknologi cloud adalah dengan memungkinkan pengguna agar menyimpan data dengan secara terkumpul dalam satu server dengan berdasarkan pada layanan yang telah disediakan di penyedia layanan Cloud Computing tersebut.Lalu untuk pengguna tak perlu repot agar menyediakan infrastruktur pada data center dan media penyimpanan ataupun storage karena sudah ada secara virtual.

2.Kemanan Data

Keamanan data untuk pengguna akan disimpan sangat aman melalui server yang telah disediakan oleh penyedia layanan untuk sistem Cloud Computing seperti jaminan untuk platform teknologi ataupun jaminan pada ISO, dan data pribadi.

3.Data Yang Flexible

Sistem Cloud yang akan menawarkan suatu fleksibilitas dengan kemudahan pada data akses, dan kapanpun lalu dimanapun berada akan tetapi bahwa pengguna telah memiliki koneksi internet.Lalu, pengguna akan dengan mudah untuk meningkatkan ataupun mengurangi suatu kapasitas penyimpanan tanpa perlu peralatan tambahan contohnya hardisk.Steve Jobs atau CEO Apple Inc. mengatakan bahwa untuk membeli memori fisik sebagai penyimpan data seperti hardisk ataupun memori merupakan hal yang percuma jika tidak dapat untuk menyimpan data tersebut secara virtual atau melalui internet.

4.Asset Investasi

Sebagai pemangkasan biaya sewaktu pembelian hardware dan lainnya maka akan berkurang karena pengguna hanya akan mengeluarkan biaya tiap bulan hanya sesuai pada paket layanan yang sudah disepakati dengan tempat penyedia layanan sistem Cloud. Untuk biaya yang harus dibayarkan pada lisensi software juga akan dikurangi karena telah dijalankan melalui sistem berbasis Cloud.

Berikut ini adalah pengertian tentang Cloud Hosting dan Cloud Server.

1.PENGERTIAN CLOUD HOSTING

digiwebsmedia,jasa pembuatan website kota banjar,digital webs media

Cloud hosting yaitu hosting dengan suatu sumber yang berasal dari banyak server dan data center yang akan di kumpulkan kedalam suatu sistem cloud sebagai distribusi melewati jaringan internet.Sebagai pengertian untuk cloud hosting juga contoh pada aplikasinya, cloud hosting memiliki cara pengelolaan yang terhadap pada beberapa sumber daya untuk server serta sumber daya pendukungnya yaitu dalam rangka untuk mengoptimalkan suatu sistem pengantar daya melewati pengguna sehingga langsung ditujukan pada website atau aplikasi agar menjadi lebih stabil dan dapat diakses secara terus-menerus.

Menggunakan suatu sistem keamanan yang kuat maka akan memulai provider data center untuk memberikan jasa dan disebut juga colocation server yang langsung menuju aplikasi akan terjamin kelancaran dalam memberi pelayanan kepada pengguna.

2.PENGERTIAN CLOUD SERVER

digiwebsmedia,jasa pembuatan website kota banjar,digital webs media

Teknologi cloud server ini akan berbeda dengan teknologi cloud hosting.Karena Cloud server akan memiliki beberapa server yang hanya dijadikan satu saja untuk berbagai fungsi storage atau disebut disk virtual , beberapa server lain atau Host akan digabungkan menjadi fungsi computing node disebut juga CPU virtual .Dan cloud server tidak akan mempunyai batas untuk spesifikasi sehingga bisa ditingkatkan untuk storage, memory, ataupun prosesor sesuai kebutuhan.

Untuk penggunaan sistem cloud maka diharuskan memiliki kepercayaan sepenuhnya kepada pihak keamanan dan juga rahasia data milik kita kepada pihak penyedia cloud provider.Dan saat sangat dibutuhkan untuk data lalu juga sebagai kehandalan pihak layanan cloud untuk layanan sistem informasi online milik kita.

Demikian pengertian mengenai Perbedaan Cloud Hosting Dan Cloud Server  ,bila ada yang ditanyakan silahkan isi kolom komentar ya !.

Jasa Pembuatan Website Kota Banjar

Open chat