Domain yaitu nama pada alamat yang ditujukan untuk mengidentifikasi pada server komputer. Saat menuliskan nama untuk link pada website tertentu maka akan diantarkan menuju alamat situs yang dimaksud. Pada dasarnya pada alamat website tersebut adalah IP yang berupa kombinasi dengan angka-angka yang rumit. Lalu alamat IP tersebut dipermudah lagi menjadi sebuah nama yang unik, seperti .com, .co, .net, .org, dan lainnya.

Adanya nama domain, pengunjung akan lebih mudah mengetikkan alamat IP server. Pengunjung hanya mengetikkan nama url websitenya dan pengunjung akan langsung menuju ke alamat IP server yang dituju.

Registrasi yang dikelola oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) sehingga untuk penentuan arah setiap alamat website menjadi mudah dan terfokus. Lalu bagaimana cara kerja domain?

CARA KERJA DOMAIN

Dalam pembahasan definisi awal di atas dijelaskan untuk mengunjungi website tertentu perlu mengarahkan ke alamat IP situs. Tapi alamat IP terlalu rumit, panjang, dan sulit diingat.

Saat menuliskan alamat IP pun pengunjung website belum tentu bisa masuk ke situs yang dituju sehingga keberadaannya akan menjadi sangatlah penting.

Saat pengunjung menuliskan domain website tertentu maka anda akan diarahkan ke alamat IP yang menyerupai nama domain yang telah ditulis. Alamat URL tersebut bahkan ada yang mempunyai fitur pengalihan atau redirect. Fitur ini sangat membantu situs besar dalam mengarahkan pengunjung. Contohnya ketika membuka situs facebook dengan menggunakan fb.com. Anda pasti nanti akan dialihkan ke situs resminya yaitu facebook.com.

Tipe domain apa saja sih ?

Baca Artikel Tipe-tipe yang ada pada Domain

Demikian penjelasan  mengenai domain dan cara kerjanya ,bila ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar.

Jasa Pembuatan Website Kota Banjar

Open chat
Powered by