Database atau juga disebut basis data adalah suatu kumpulan yang terdapat berbagai data dan informasi yang tersimpan lalu tersusun dalam komputer yang sistematik dan dapat diubah atau di manipulasi menggunakan sebuah software agar mendapatkan informasi dari basis data itu.

Pengolahan database yang ada pada komputer ditujukan agar memudahkan akses suatu komputer.Dengan pengolahan sistem database bisa juga disebut sebagai DBMS atau Database Managamenet System yang bisa dijabarkan dengan kumpulan tabel yang akan menyimpan data-data lalu informasi.

Tapi dalam penerapan database juga tidak termasuk dalam lingkup teknologi saja. Bisa juga pemanfaatannya dilakukan dalam banyak bidang, contoh pada perusahaan atau universitas yang harus menyimpan semua data untuk staff dan mahasiswa.

Pada sebagian besar orang awam mungkin untuk pengertian database ini cukup dianggap sebagai kumpulan suatu informasi atau data yang harus di backup agar aman.Tapi ada juga fungsi lain untuk penggunaan database yang akan jarang diketahui oleh masyarakat awam. Misalnya untuk pengelompokan data yang ditujukan untuk mempermudah proses identifikasi data. Pengelompokan yang akan dilakukan dengan cara yang saling berbeda.

Database akan menjadi solusi yang paling tepat untuk pemakaian kertas sebagai penyimpanan data yang kurang efektif dan akan menghabiskan banyak tempat. tapi database, untuk pengguna hanya dappat menyimpan file dalam bentuk data dengan digital. Database juga bisa dijadikan suatu alternatif sebagai tempat penyimpanan dalam aplikasi sebabn aplikasi komputer dalam penyimpanannya yang terbatas.

Fungsi yang ada pada database agar memudahkan pengguna dalam semua pekerjaan misal untuk menghapus suatu data yang tidak dibutuhkan,atau update data dan memasukkan suatu data yang baru masuk. Lalu database juga sudah didukung dengan tampilan yang sudah disediakan oleh aplikasi tertentu.Dan berikut adalah beberapa fungsi lain pada database:

1.Mencegah terjadinya duplikasi data ataupun data yang kurang konsisten

2.Menjaga kualitas suatu data dan informasi yang akan diakses sama dengan data yang di-input.

3.Akan membantu proses penyimpanan data yang banyak dan besar

4.Dapat Membantu memaksimalkan aplikasi yang sedang membutuhkan penyimpanan data

5.Mengelompokan dan mengkategorikan data agar lebih mudah dicari

Setelah mengetahui fungsi yang ada pada database , akan dijelaskan beberapa manfaat pada database.

Manfaat Database

1.Menghindari Duplikasi Data

Database yang dapat mendeteksi data-data yang memiliki isi yang sama , dengan adanya database sebuah duplikasi akan dihindari dan menjadikan data terbaru yang memiliki input sama tidak bisa dimasukan.

2.Relasi data yang komplex

Pada database kita akan dijumpai dengan relasi data yang baik ,karena data akan saling berhubungan satu sama lain untuk menciptakan data yang berkualitas tinggi.

3.Kemudahan berbagi data

Dalam database akan sangat dimudahkan untuk berbagi data dan informasi dengan pengguna lain yang memiliki akses yang sama.

4.Data yang aman

Database juga memiliki keamanan yang baik ,karena untuk pengguna yang tidak memiliki akses admin tidak akan bisa merubah data.

Tipe pada database

setelah mengetahui berbagai macam tentang database maka selanjutnya saya akan menjelaskan beberapa tipe yang ada pada database sebagai berikut :

1.Operational Database

Operational database adalah database yang bisa menyimpan data dengan detail dan akan dibutuhkan sebagai sistem untuk suatu organisasi secara menyeluruh.

2.Real Time Database

Real time database adalah suatu sistem untuk mengolah data yang akan dirancang untuk menangani macam-macam kerja pada suatu negara yang bisa berubah, dan data yang terus menerus dan ada yang tidak memengaruhui waktu.

3.Analytical Database

Analytical database mempunyai tipe database dalam menyimpan data atau informasi yang akan diambil melewati operasional juga eksternal yang ada dalam database.

4.End User Database

End-user database adalah suatu basis data untuk pengguna akhir yang akan terdiri dari berbagai suatu file atau data dan dikembangkan dengan end-user pada workstation milik mereka.

5.Data Warehouse

Data warehouse adalah data yang dibuat untuk suatu gudang dan data yang menyimpan berbagai macam data dari tahun sebelumnya sampai sekarang.

6.Document Oriented Database

Document oriented database adalah salah satu perangkat lunak komputer yang diciptakan sebagai aplikasi yang akan berorientasi pada sebuah dokumen.

7.In Memory Database

In memory database adalah database yang akan tergantung untuk memori sebagai penyimpan informasi atau data pada sebuah komputer.

8.Hypermedia Database On The Web

Hypermedia database on the web adalah suatu kumpulan pada halaman multimedia yang memiliki hubungan pada sebuah website, yang akan terdiri dari beberapa homepage dan hyperlink dan multimedia seperti gambar, teks, grafik audio, dan lainnya.

9.External Database

External database adalah database yang akan menyediakan akses keluar, dan data milik pribadi agar bisa online.

10.Distributed Database

Distributed database adalah suatu kelompok kerja yang bekerja dalam keadaan lokal pada suatu database dan juga departemen dalam kantor-kantor lalu lokasi yang lain.

11.Navigational Database

Navigational database adalah navigasi database yang memiliki query untuk menemukan suatu benda bagi yang akan menuju ke berbagai referensi pada suatu objek.

12.Relational Database

Relational database adalah database yang standar pada komputasi bisnis, juga basis data yang umum digunakan.

Berikut adalah penjelasan dan berbagai macam hal tentang database ,jika ada yang tidak dipahami silahkan tanyakan di kolom komentar ya !.

Jasa Pembuatan Website Kota Banjar

 

 

 

 

Open chat
Powered by