Hyperlink adalah acuan untuk dokumen hyperteks untuk dokumen lain atau sebuah sumber yang lain. Dengan kata lain ini, hyperlink memberikan suatu cara agar terhubung pada suatu bagian yang tertentu pada slide, file dokumen, program, atau juga halaman web dengan bagian lain pada bidang ini.

Hyperlink atau juga link yang digunakan untuk menghubungkan dengan beberapa objek serta file, dan halaman website, juga yang lainnya.Pada saat hyperlink akan di klik maka langsung diarahkan ke halaman lainnya sehingga fitur hyperlink akan memudahkan untuk membuka file atau dokumen lain.

Hyperlink akan membantu pengguna agar pindah antara halaman ke tampilan lainnya yang berada pada suatu komputer atau smartphone tanpa atau memiliki koneksi internet. Dan apa fungsi dari penggunaan hyperlink? Lalu apa sajakah jenisnya? Berikut akan dibahas artikel hyperlink.

Fungsi pada Hyperlink

Fungsi pada hyperlink yang akan memudahkan pengguna untuk menjelajahi berbagai informasi dan halaman yang terkait dan berada pada sebuah presentasi atau website. Hyperlink akan mempunyai suatu fungsi yang ada pada HTML atau Hyper Text Markup Language lalu memberikan pembaca langsung menuju jalan singkat menuju informasi lain.

Hyperlink akan ditampilkan pada huruf dengan warna yang beda,dan biasanya akan memiliki warna biru.Dan apabila kursor pada mouse diarahkan menuju link tersebut maka huruf akan terlihat bergaris bawah dan kursor juga akan berbentuk gambar tangan yang sedang menunjuk pada link ini.Dan apabila link itu sudah pernah kita klik dan diakses, maka objek pada link akan berubah warna menjadi ungu atau warna yang lain. Hyperlink bisa dipasang tidak pada teks saja,tapi pada gambar lalu jika gambar akan diklik maka langsung membawa ke tampilan lain pada isi link.

digiwebsmedia,jasa pembuatan website kota banjar,digital webs media

Jenis-Jenis Hyperlink

1.Relatif Address

Absolute address dalam adalah alamat URL yang sudah tertera pada alamat yang relatif dimana tidak akan menyebutkan protocol ataupun juga untuk network location. Relatif address hanya menampilkan path saja atau nama file.

2.Absolute Address

Pada jenis ini yang pada akan menggunakan internet karena digunakan sebagai pembuat shortcut pada alamat URL situs . Yang mana shortcut murni akan pasti menjadi bentuk penuh terhadap alamat URL melalui protocol, path dan juga network location lalu nama file.

Biasanya pada pengunaaan jenis hyperlink akan lebih mudah jika telah ditemukan untuk situs internet yang akan menghubungkan dengan suatu link dan akan tercantum pada tulisan. Sehingga untuk tipe hyperlink ini bisa diterapkan dalam website resmi perusahaan agar saling terhubung dengan link yang lain agar pengunjung tidak akan berhenti pada satu halaman saja. Hal ini akan efektif dalam meningkatkan pengunjung website.

3.Link Section

Pada hyperlink jenis ini yang akan sering digunakan untuk membuat section dalam dokumen perusahaan. Sehingga akan menggunakan hyperlink dalam isi dokumen tertentu yang akan tertaut pada file maupun dokumen yang lain dan dapat memudahkan pencarian.

Untuk fitur hyperlink akan tersedia baik di ,Microsoft Excel,Microsoft Word, ataupun juga Microsoft Power Point.Dengan pengertian pada hyperlink sebelumnya akan disini hyperlink yang bisa digunakan untuk membuat suatu kamus pribadi dan akan melakukan link dengan istilah di dalam dokumen untuk file yang akan menjelaskan pada istilah tersebut.Tentu saja hal akan membantu dan memudahkan kita untuk mengorganisir dokumen dengan baik dan rinci.

Contoh link pada html :

Contoh Hyperlink pada HTML akan terbentuk pada tag, yang secara default di penulisan hyperlink dalam halaman HTML adalah sebagai berikut :

<a href=”URL”>Link Text</a>

misalnya yaitu:

< a.href=”https://www.digiwebsmedia.co.id”>digiwebsmedia.co.id</a>

Berikut adalah penjelasan tentang Hyperlink,jika ada yang ditanyakan silahkan di kolom komentar.

Jasa Pembuatan Website Kota Banjar

 

Open chat