SSD adalah singkatan dari Solid State Drive atau di sebut juga Solid State Disk, yang dapat di artikan sebuah perangkat penyimpan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi.

SSD dapat dipastikan sebagai versi terbaru dari USB Flash drive dengan ukuran yang jauh lebih besar dan dapat menjadikan sebagai pengganti Hardisk yang selama ini digunakan pada komputer.Lalu SSD sebuah perangkat elektronik yang berfungsi menyimpan data seperti hardisk (HDD : disk Drive) namun rangkaiannya mirip USB Flash Drive, yang tersusun dari kumpulan IC sebagai memori.

Pada SSD aktivitas puncak untuk boot dan baca/tulis yang tinggi untuk mendukung komputasi yang memerlukan kapabilitas multitugas yang lebih bagus. Pada bagian inilah SSD memperlihatkan perbedaan yang sangat maksimal. Kecepatan yang dihasilkan SSD untuk baca tulis bahkan 8x lebih cepat dibandingkan dengan HDD. PC yang terpasang SSD dapat melewati proses boot hanya dalam hitungan detik, dan tidak akan melewati 60 detik. Dan waktu yang dibutuhkan HDD akan lebih lama tergantung pada spesifikasi, dan tidak lebih cepat jika dibandingkan dengan SSD.

Baca Artikel Apa Itu Hard Disk Drive (HDD)

Kelebihan Pada Hardisk SSD

  • Mempercepat Booting: Komputer akan hidup dalam mulai hanya beberapa detik.
  • Transfer File sangat Cepat: Salin file dan paste menggunakan SSD hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat 50 persen lebih cepat dari HDD.
  • Hemat Listrik: SSD akan membutuhkan 10% daya listrik dari HDD.
  • Multitasking : Pekerjaan untuk Komputer juga tidak lambat ketika melakukan multitasking dengan memori SSD. Sebab, mesin pembaca SSD akan sangat cepat daripada memori yang lain.
  • Lebih ringan: Bobot SSD juga ringan ketimbang HDD. Hal itu akan membuat laptop tidak berat ketika dibawa bepergian.

Kekurangan Pada Hardisk SSD

  • Harga yang lebih mahal bahkan 2 kali lipat dibandingkan dengan HDD dengan ukuran yang berbeda.

Jasa Pembuatan Website Kota Banjar

Open chat