E-commerce atau Electronic Commerce adalah aktivitas yang penggunaannya berbasis pada teknologi informasi dan komunikasi dengan pengolahan digital dalamnya untuk suatu transaksi bisnis dengan menciptakan, mengubah, dan definisi dari kembalinya hubungan yang akan terjadi antara penjual dan pembeli.

Sekarang ini e-commerce adalah suatu hal yang sangat banyak dijadikan peluang bisnis karena menjanjikan dan akan kerap dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Peminat yang banyak juga akan membuat bisnis ini menjadi salah satu yang bisa mendapatkan keuntungan besar. E-commerce juga menjadi bagian dari e-business, pada e-business ini adalah bisnis yang sangat luas, dan tidak sekadar hanya perniagaan saja,namun juga kolaborasi antara mitra bisnis, atau pelayanan nasabah ,lowongan pekerjaan, dan lain-lain.

Banyak orang yang sering menggunakan istilah e-commerce sebagai deskripsi dari marketplace. Padahal keduanya mempunyai fitur yang berbeda .E-commerce hanya akan menjual sebuah produk hanya melalui website itu. Jadi tidak akan menemukan adanya lebih dari satu toko online seperti halnya pada marketplace.

Suatu brand ataupun penjual akan membuat suatu website khusus yang ditujukan untuk menjual barang yang akan dijual. Selain itu juga,untuk semua transaksi akan dilakukan melalui website dengan menggunakan sistem shopping cart atau payment gateway.

Jenis-Jenis E-Commerce

Berikut ini adalah penjelasan untuk jenis-jenis e-commerce :

Business-to-Consumer (B2C)

B2C atau Business-to-Consumer adalah jenis e-commerce yang akan melibatkan seorang pelaku bisnis dan juga konsumen. Bisnis ini dinilai akan lebih mudah dan dinamis jika diterapkan, namun dalam penyebaran akan menyebar dengan secara tidak merata ataupun bisa berhenti.Dalam perkembangan B2C juga dianggap berkembang sangat pesat karena untuk dukungan pada website dan banyak juga toko online bahkan pada mall dan internet yang akan menjual berbagai kebutuhan bagi masyarakat.

Untuk contoh, bisnis B2C juga akan memungkinkan pihak produsen agar menyebarkan produk kepada konsumen melalui online. Di sini, pihak produsen juga akan langsung menjalankan usaha dengan mencoba memasarkan produk kepada pihak konsumen tanpa feedback langsung dari konsumen dalam melakukan suatu bisnis kembali. Ini berarti bahwa pihak produsen hanya akan memasarkan produk atau jasa saja, sementara pihak konsumen hanya menjadi pemakai atau pembeli.

Business-to-Business (B2B)

B2B atau Business-to-Business e-commerce akan melalui pada transaksi elektronik atau barang dan juga jasa yang akan dikerjakan antar suatu perusahaan. B2B pada umumnya akan dilakukan oleh pihak-pihak yang akan saling memiliki kepentingan untuk menjalankan suatu bisnis, dan mana keduanya akan kerap mengenal dan mengetahui suatu proses bisnis yang akan dilakukan.

E-commerce jenis ini juga akan menggunakan sebuah email dan (EDI) atau Electronic Data Interchange , yaitu suatu proses transfer data yang dilakukan sudah secara struktural yang akan melewati format standar dan sudah disetujui oleh salah satu komputer ke komputer lain yang berbentuk elektronik.

Consumer-to-Business (C2B)

C2B atau juga Consumer-to-Business adalah suatu jenis e-commerce yang mana konsumen atau end-use akan menyediakan sebuah produk ataupun layanan kepada perusahaan.Dan jenis bisnis ini akan berbeda seperti B2C, yang mana bisnis akan menghasilkan produk juga layanan yang memiliki konsumsi konsumen.

Consumer-to-Consumer (C2C)

Sesuai pada namanya ,untuk jenis e-commerce akan dilakukan antara pihak konsumen dengan pihak konsumen yang akan melalui seluruh proses transaksi elektronik dengan barang atau jasa. Dan transaksi akan dikerjakan sebagai pihak ketiga dan akan menyediakan platform langsung secara online sebagai alat transaksi. Pada contoh untuk konsumen dari suatu produsen yang akan memasarkan produk kepada konsumen lain.

Online-to-Offline (O2O)

O2O atau Online-to-Offline adalah suatu jenis e-commerce yang bisa menarik pelanggan melalui online untuk toko nyata. O2O yang akan langsung melakukan identifikasi konsumen pada online contoh ada pada iklan internet atau email, lalu untuk menggunakan secara pendekatan agar menarik pelanggan supaya bisa meninggalkan kebiasaan untuk belanja hanya secara online.

Business-to-Administration (B2A)

B2A atau Business-to-Administration adalah suatu jenis e-commerce mencakup transaksi yang akan dilakukan secara online antara 2 pihak yaitu perusahaan dan administrasi publik.E-commerce ini akan meningkat hanya dalam beberapa waktu terakhir untuk investasi yang akan dibuat melewati pihak pemerintah atau e-government.

Demikian penjelasan tentang Penjelasan E-Commerce ,bila ada yang ditanyakan silahkan isi kolom komentar ya !.

Jasa Pembuatan Website Kota Banjar

Open chat